WARTA.CO.ID adalah suatu Media Berbadan Hukum yang dibangun untuk mengakomodasi Wartawan Individual atau Independen yang masih ingin berkarya secara mandiri dengan tetap berpedoman pada Kaidah dan Kode Etik Jurnalistik, serta Undang-undang No.40 Tahun 1999 tentang PERS.

Para wartawan bergabung dengan WARTA.CO.ID akan dilengkapi dengan legalitas berupa Company Profil, Seragam, ID Card, serta Surat Tugas sebagai seorang Wartawan Profesional.

Adapun model bisnis yang diterapkan pada WARTA.CO.ID adalah sebagai berikut:

  1. Bergabung dengan WARTA.CO.ID sebagai Wartawan Independen saja tanpa melakukan kegiatan komersial berupa iklan, advertorial, atau kontrak kerja tiada dipungut biaya apapun atau Gratis.
  2. Bergabung dengan WARTA.CO.ID sebagai Wartawan Independen dan melakukan kegiatan komersial berupa iklan, advertorial, atau kontrak kerja dengan mitra, maka masing-masing wartawan wajib berkontribusi untuk kemajuan media dalam bentuk biaya server dan perawatan portal.
  3. Wartawan yang bergabung dengan WARTA.CO.ID untuk tujuan komersial akan diberikan hak usaha jurnalistik secara eksklusif dalam wilayah kabupaten atau kota, dimana sebelumnya menanda-tangani Perjanjian Kerja tentang Hak dan Kewajiban dari Wartawan dan WARTA.CO.ID.
  4. Wartawan yang bergabung dengan WARTA.CO.ID secara otomatis akan dapat Advokasi Hukum dari Organisasi Profesi Jurnalis Nasional Indonesia (JNI).
  5. Permohonan untuk Gabung di WARTA.CO.ID dilakukan melalui surat permohonan ke Pemimpin Redaksi WARTA.CO.ID melalui emai: menaramultimedia@gmail.com

Wartawan dari WARTA.CO.ID adalah Wartawan (Jurnalis) Nasional yang bisa melakukan peliputan di seluruh Indonesia di bawah binaan Organisasi Profesi Jurnalis Nasional Indonesia (JNI).

Permintaan khusus untuk Portal Kabupaten/atau Kota diberikan kepada Wartawan yang berminat untuk melakukan usaha jurnalistik dalam wilayah kabupaten atau kota tertentu.

Untuk bergabung dengan WARTA.CO.ID bisa dimulai sebagai Wartawan Independen tanpa tujuan komersial, dan selanjutnya apabila merasa bisa menjalankan bisnis jurnalistik, Wartawan Independen bisa mengajukan permohonan wilayah kerja sepesifik berdasarkan kabupaten atau kota.

Tertanda
S U H A R Y A D I, S.Pd
(Pemimpin Redaksi)