Musi Banyuasin Garap Energi Listrik dari Biomassa Sawit

Musi Banyuasin Garap Energi Listrik dari Biomassa Sawit
Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA melakukan audiensi dengan Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Ir Rida Mulyana MSc

MUBA - Setelah berhasil rencana menggarap pengolahan kelapa sawit menjadi bensin, kini Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA kembali melakukan terobosan inovasi bahan bakar pembangkit listrik menggunakan biomassa sawit.

Yang diantaranya berasal dari tandan buah kosong, serat buah, cangkang, batang pohon, pelepah serta Palm Oil Mill Effluent (POME) atau limbah cair kelapa sawit.

Hal ini diketahui saat Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA melakukan audiensi dengan Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Ir Rida Mulyana MSc, Kamis (12/11/2020), di Gedung Utama Ditjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Jakarta Selatan.

"Prinsipnya kita mendukung inovasi ini, karena ini salah satu langkah konkret merealisasikan energi baru terbarukan yang ramah lingkungan, " ungkap Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Ir Rida Mulyana MSc didampingi Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Hendra Iswahyudi.

Menurutnya, indikator Kabupaten Muba untuk menggagas biomassa sawit sebagai bahan bakar pembakit listrik cocok direalisasikan, pasalnya Muba salah satu daerah yang memiliki lahan sawit yang luas sesuai dengan Sumber Daya Alam mandiri yang berada di Muba

"Kalau ini berjalan nantinya tentu juga akan memberikan kontribusi positif bagi petani sawit rakyat di Muba, " ucapnya.

Lanjutnya, pihaknya juga akan memfasilitasi kebutuhan listrik di Kabupaten Muba hingga ke daerah pelosok yang belum tersentuh energi listrik. "Kami siap akan fasilitasi dan nantinya akan berkoordinasi dengan BUMD Muba PT MEP, " ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA mengaku terobosan inovasi bahan bakar pembakit listrik dari biomassa sawit sangat tepat diterapkan di Muba.

"Ini juga salah satu mendukung visi dan misi Muba menuju ibu kota dunia energi berkelanjutan di Tahun 2030, " beber Ketua Kadin Sumsel ini.

Ia menambahkan, biomassa sawit memiliki nilai komersial yang paling efisien bagi pembangkit listrik. "Kita berharap nantinya akan berjalan lancar dan memberikan kontribusi positif untuk seluruh lapisan masyarakat di Muba, " harapnya.

Dodi mengaku, dalam pertemuan audiensi tersebut juga membahas mengenai kualitas listrik yang ada di daerah pelosok di Muba.

"Ke depan kebutuhan listrik daerah pelosok di Muba akan difasilitasi dengan baik yang diback up langsung Kementerian ESDM, " katanya.

Dalam kesempatan Audiensi dengan Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA didampingi Kepala Bappeda Muba Drs Iskandar Syahrianto MSi, Kadin Kominfo Muba Herryandi Sinulingga AP dan Direktur PT MEP Augie Bunyamin. (***)

MUBA SULSEL
WARTA.CO.ID

WARTA.CO.ID

Previous Article

Sekda Apriyadi Hadiri Acara Wisuda Perguruan...

Next Article

Antisipasi Peralihan Blok Rokan, Indra Agus...

Related Posts

Peringkat

Profle

Heriyoko

Nisa

Nisa

Postingan Bulan ini: 24

Postingan Tahun ini: 24

Registered: Dec 21, 2020

Calvin Maruli

Calvin Maruli

Postingan Bulan ini: 7

Postingan Tahun ini: 7

Registered: Nov 8, 2020

Heri Nasution

Heri Nasution

Postingan Bulan ini: 1

Postingan Tahun ini: 1

Registered: Nov 28, 2020

WARTA.CO.ID

WARTA.CO.ID verified

Postingan Bulan ini: 0

Postingan Tahun ini: 0

Registered: Jul 9, 2020

Profle

Calvin Maruli

Warga dan Pedagang di Jakarta Mengeluh, Tahu dan Tempe  Masih Langka
PPKM Jawa Bali, Pelaku Usaha Minta Pemerintah Menjaga Daya Beli Masyarakat
Didepan Pejabat Eselon II dan Lingkup Sekda, Wabup Bogor: Tingkatkan SDM dan Gerak Cepat
Kementerian Perhubungan Luncur Aplikasi Jakarta Electronic Ticketing Bus (Jaketbus), Ini Caranya

Follow Us

Recommended Posts

Tiga Jenazah Dari 12 korban Sriwijaya Air Teridentifikasi Diserahkan Kepada Pihak Keluarga
Pelaku Usaha Berharap Kapolri Baru Mampu Menjaga Kamtibmas dan Iklim Usaha Stabil
Pada Akhir Masa Jabatan, Bupati Pasaman Lakukan Kunker dan Silaturahmi Ke Tiap Kecamatan di Kabupaten Pasaman
Sejumlah Pejabat dan Tokoh Publik di Jakarta Diimunisasi Vaksin Covid-19 Hari Ini
6 Korban Sriwijaya Air Teridentifikasi, Dua Jenazah Berkat Pencocokan DNA